Thursday, September 17, 2015

Retro Jam: George Nelson Sunflower Jam

The Sunflower Jam dirancang oleh George Nelson dianggap oleh banyak untuk menjadi salah satu jam retro paling klasik. Dengan tangan yang dirancang sleekly dan kelopak hampir memesona menyebar keluar dari pusat, itu adalah sebuah jam yang tampak hebat di hampir setiap ruangan rumah atau kantor.
Salah satu desainer Amerika Modernisme paling terkenal (juga dikenal sebagai Midcentury modern), George Nelson merancang berbagai aksesoris rumah tangga yang inovatif dan mencolok. Ia lahir pada tahun 1908 dan setelah menghadiri Yale dan menerima gelar di kedua Arsitektur dan Seni; ia melakukan perjalanan ke Eropa dan diperkenalkan dengan konsep desain modernis Eropa. Pengalaman ini memiliki pengaruh yang kuat pada segera menjadi desain terkenal ketika ia kembali ke Amerika Serikat.
Selama tahun 1930-an George Nelson menulis "Besok House: Sebuah Panduan Lengkap untuk Home Builder" menguraikan pemikirannya tentang desain. Ia juga menulis artikel untuk sejumlah majalah dan dipekerjakan sebagai editor untuk Forum Arsitektur. Saat ia menjadi terkenal di seluruh kata desain, ketenarannya tumbuh (meskipun ada sejumlah desainer tradisional yang tidak setuju dengan ide-ide Nelson).
Dalam 1946 George Nelson dipekerjakan oleh Howard Miller Perusahaan sebagai desainer top. Dia tetap di perusahaan selama 25 tahun (meskipun ia juga berlari perusahaan desain sendiri), dan selama waktu itu dirancang atau membantu dalam desain berbagai peralatan rumah tangga yang inovatif dan furnitur, termasuk hampir 300 jam. Mayoritas jam ia dirancang adalah jam dinding, meskipun ia merancang beberapa jam yang lebih kecil.
Pada tahun 1958 ia merancang satu jam yang paling terkenal, Sunflower Jam. Jam ini terdiri dari kayu lapis dibentuk dengan veneer laminasi dalam setiap kelopak. Bagian-bagian yang bergabung bersama-sama dengan pin logam kecil. Jam asli (Howard Miller Model 2261) diukur sekitar 30 inci dan terhubung ke stopkontak, namun sebagian besar model-model terbaru dan replika telah baterai dioperasikan mekanisme jam. Replika saat berkisar dari model dibangun dari George Nelson dokumen asli dan spesifikasi untuk model dengan penampilan serupa keseluruhan, tetapi terbuat dari bahan yang lebih modern (yang jauh lebih murah). Harga pada saat ini Sunflower Jam berkisar dari lebih dari seribu dolar untuk reproduksi yang paling akurat untuk kurang dari lima puluh dolar untuk jam terinspirasi oleh desain Sunflower Jam, jadi jika Anda sedang mencari sebuah jam retro klasik untuk menggantung di dinding Anda, Anda dapat menemukan satu yang akan sesuai dengan anggaran Anda.

No comments:

Post a Comment